METODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN

(STUDI KASUS DI PONDOK PESANTREN ROUDLOTUL QURRO CIREBON)

  • Abu Maskur
  • Puji Anto Universitas Indraprasta PGRI Jakarta
Keywords: metode pembelajaran, bahasa Arab, pondok pesantren

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran bahasa asing Arab yang diimplikasikan di dalam Pondok Pesantren Roudlotul Qurro Cirebon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik studi kasus dan observasi. Adapun hasil yang diperoleh menyatakan bahwa sama seperti pada pondok-pondok pesantren yang lain, Bahasa Arab juga menjadi materi pembelajaran yang wajib diikuti oleh setiap Pondok Pesantren Roudlotul Qurro Kota Cirebon. Adapun pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Roudlotul Qurro dapat dibagi ke dalam dua bagian, yaitu (1) Pembelajaran Gramatika Bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf dan (2) Pembelajaran Muhadatsah Bahasa Arab. Dalam pembelajaran gramatika Bahasa Arab (Nahwu dan Sharaf) di Pondok Pesantren ini diperuntukkan bagi santri yang sudah mengenyam pendidikan di SMP dan SMA karena pada usia ini santri sudah mapan untuk membaca, melafalkan, dan menerjemahkan Bahasa Arab. Selain itu, pada sistem pembelajaran muhadatsah (percakapan) dalam Bahasa Arab dilaksanakan dengan memberlakukan lingkungan berbahasa Arab dan hari berbahasa Arab. Setiap santri wajib berbahasa Arab pada lingkungan dan hari berbahasa Arab yang telah ditentukan sehingga santri yang kedapatan tidak menggunakan Bahasa Arab maka akan dikenakan sanksi yang berlaku.

References

Direktorat Jenderal Kelembagaan Islam Departemen Agama RI, Pondok Pesantren dan Madrasah Diniyah, Jakarta: 2003.
Hamid Fahmi Zarkasyi, Pengembangan Institusional dan Kurikuler Pesantren Salafiyah, Makalah “Seminar Pengembangan Pesantren Salafiyah” yang diselenggarakan Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan, tanggal 8-10 Juni 2007.
Nurcholis Madjid, Bilik-Bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan, Jakarta: Paramadina, 1997.
Qadry A. Azizi dan Amin Haedari, Profil Pondok Pesantren Mu’addalah, Jakarta: Departemen Agama RI, 2004.
Zamakhsyari Dhofier, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, Jakarta: LP3ES, 1982.
Published
2018-10-26
How to Cite
Maskur, A., & Anto, P. (2018). METODE PEMBELAJARAN BAHASA ASING ARAB DI PONDOK PESANTREN MODERN. EL BANAR: JURNAL PENDIDIKAN DAN PENGAJARAN, 1(01), 63-68. Retrieved from https://staibanisaleh.ac.id/ojs/index.php/ElBanar/article/view/10