Peningkatan kemampuan pragmatis penguasaan bahasa inggris bagi guru di mts. Jauharul ulum situbondo

  • Ratih Kesuma Dewi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
  • Ach Munawi Husein Universitas Abdurachman Saleh Situbondo
Keywords: Kata Kunci: Pelatihan, Pragmatis, Peningkatan Bahasa Inggris, Guru

Abstract

Dalam era globalisasli, pentingnya  penguasaan Bahasa Inggris  bagi  guru tidak dapat  dielakkkan lagi. Salah satunya  adalah  kemampuan  komunikasi praktis, misalnya  memperkenalkan diri secara  formal, mempromosikan sekolah, membuka sebuah  acara, dan lain sebagainya. Maka, dengan adanya program tersebut merupakan upaya dari peningkatan mutu kualitas sumber daya manusia melalui penguasaan bahasa asing (Bahasa Inggris). Tujuan dari program  tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi guru dalam bidang pengusaan Bahasa Inggris khususnya pada keterampilan (skill) kemampuan pragmatis dalam komunikasi dan memberikan pemahaman terhadap guru akan pentingnya Bahasa Inggris pada era globalisasi. Sasaran dari Program ini adalah masyarakat umum yaitu guru-guru di MTs. Jauharul Ulum, Kendit—Situbondo.

 

 

References

Richard. Kemampuan Pragmatis Bahasa Inggris. Online. Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/86197-ID-none.pdf pada 19 Maret 2019
Tarigan. Kemahiran pragmatic berbahasa tentukan persaingan global. Online. Diakses dari www. mediaindonesia.com (edisi tanggal 19 Nov 2016) pada 20 Maret 2019.

Saefuddin. Pendekatan Pragmatik dalam mendukung KemampuanKomunikasi. Online. Diakses dari journal.uinjkt.ac.id/index.php/al-turats/article/view/3694 pada 15 April 2019

Yuniseffendri. Pragmatik Selayang Pandang. Modul handout Online. repository.ut.ac.id/4754/1/PBIN4212-M1.pdf diakses pada 15 April 2019
Published
2019-10-24
How to Cite
Dewi, R., & Husein, A. (2019). Peningkatan kemampuan pragmatis penguasaan bahasa inggris bagi guru di mts. Jauharul ulum situbondo. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 117-120. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i2.26