Pendidikan Anak Dalam Perspektif Siti Hajar

  • Siti Zulfa
Keywords: Pendidikan anak, Model pendidikan keluarga, Siti Hajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena keprihatinan penulis tentang pendidikan anak yang ada, dimana orangtua terutama ibu kebingungan dan sulit untuk mencari figur dalam mendidik anak-anak mereka. Semua orangtua terutama ibu muslimah mengharapkan anaknya shaleh, taat beribadah kepada Allah SWT. Berbakti kepada kedua orangtuanya. Berbagai macam cara sudah dilaksanakan orangtua di rumah, guru di sekolah, dan masyarakat pada umumnya demi tercapainya tujuan pendidikan anak, namun hasilnya tidak sesuai dengan yang diharapkan malah tenggelam dalam kemaksiyatan dan kejahatan. Disinilah dibutuhkan model yang dapat dijadikan panutan untuk mendidik anak yaitu dari istri Nabi Ibrahim Ailihissalam  adalah Siti Hajar yang telah sukses mendidik putranya Isma’il sehingga menjadi anak yang shaleh, taat beribadah kepada Allah SWT serta berbakti kepada kedua orangtuanya. Penelitian  ini menggunakan pendekatan historis analisis, dengan mempelajari dan menggali fakta-fakta sejarah tentang Siti Hajar dalam mendidik putranya Isma’il juga kondisi sekarang.  Untuk kemudian dianalisa yang akan melahirkan pemahaman yang utuh terhadap tahapan-tahapan yang dilakukan Siti Hajar dalam mendidik anak sehingga anaknya menjadi anak yang shaleh, taat kepada Allah SWT serta kepada kedua orangtuanya.

References

Al Hasyimi, A. H. (2001). Mendidik Ala Rasulullah (Bagaimana Rasulullah Mendidik). Jakarta: Pustaka Azam.
An Nahlawi, A. (1995). Pendidikan Islam di Rumah, Sekolah dan Masyarakat. Jakarta: Gema Insani.
Al Naquib, S.M.A. (1984). Pendidikan Dalam Islam (penerjemah Haidar Bagir). Bandung: Mizan.
Amini, I. (2006). Agar Tak Salah Mendidik. Jakarta: Al-Huda
Published
2019-10-24
How to Cite
Zulfa, S. (2019). Pendidikan Anak Dalam Perspektif Siti Hajar. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 49-58. https://doi.org/10.54125/elbanar.v2i2.33