Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Usia 12-15 Tahun Di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati

  • Deasy Wahyu Hidayati Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
Keywords: Pemerolehan Bahasa, Anak Tunarungu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemerolehan bahasa (bidang fonologi, sintaksis, semantik) pada anak tunarungu usia 12-15 tahun di panti sosial bina rungu wicara melati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi dengan pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti merekam ujaran maupun tingkah laku anak saat berujar, baik secara visual maupun auditori kemudian data tersebut ditranskripsikan dan diamati bentuk visualnya. Penelitian ini dilaksanakan di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati
yang berada di Jalan Gebang Sari No. 38 Bambu Apus Jakarta Timur dengan waktu yang digunakan oleh peneliti adalah 4 x 30 menit. Berdasarkan hasil penelitian, maka pemerolehan bahasa anak tunarungu usia 12-13 tahun di panti sosial bina rungu wicara adalah bidang
fonologi, anak tunarungu usia 12-13 tahunlebih sering mengabaikan huruf konsonan karena artikulasi berada di dalam rongga mulut sehingga sulit untuk dipelajari oleh anak tunarungu sedangkan vokal lebih mudah untuk ditiru karena vokal mengandalkan gerak bibir yang mudah untuk dilihat. Pada bidang sintaksis bahwa anak-anak tunarungu usia 12-13 tahun telah mengenal subjek, predikat, objek, dan keterangan. Saat proses menyusun kalimat-kalimat tersebut, mereka memang membutuhkan waktu yang cukup lama namun dari hasil yang
dilihat, mereka sudah tampak bahwa mereka telah memahami susunan kalimat yang benar. Sedangkan bidang semantik, anak tunarungu usia 12-13 tahun dalam tingkat pemahaman sebuah makna dari nama-nama organ tubuh, mereka belum sepenuhnya memahami. Butuh  pembelajaran lagi dalam hal tersebut.

References

Amin, Mohamad. 1991. Ortopedik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Brown, H Douglas Brown. 2008. Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa: Edisi Kelima. Jakarta: Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta.
Chaer, Abdul. 2009. Fonologi Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2009. Sintaksis Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
__________. 2009. Pengantar Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.
Dardjowodjojo, Soenjono. 2014. Psikolinguistik. Jakarta: Yayasan Buku Obor Indonesia.
Murni, Winarsih. 2007. Pendidikan Bahasa bagi Anak Gangguan Pendengaran dalam Keluarga. Jakarta : Direktorat Jendral Pendidikan Nasional.
Putranto, Bambang. 2015. Menangani Siswa yang Membutuhan Perhatian Khusus. Yogyakarta: DIVA Press.
Sardjono. 1997. Orthopaedagogiek Tunarungu I; Seri Pendidikan bagi Anak Tuna Rungu. Solo: UNS Press.
Somad dan Hernawati. 1996. Ortopedagogik Anak Tuna Rungu. Jakarta: Depdikbud.
Published
2020-07-01
How to Cite
Hidayati, D. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Tunarungu Usia 12-15 Tahun Di Panti Sosial Bina Rungu Wicara Melati. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 59-66. https://doi.org/10.54125/elbanar.v3i1.54