PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA

  • Andriyansyah Andriyansyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh
  • Pitria Ningsih Ningsih Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh
Keywords: Analisis, Model Experieltial Learning, Pembelajaran IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis serta mendeskripsikan penerapan dan pelaksanaan pembelajaran IPA oleh guru dengan model Experiential Learning di SDIT Baiturrahman Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, Subjek dalam penelitian ini adalah guru — guru kelas yang mengajar IPA kelas IV, V dan VI, serta beberapa sampel siswa kelas IV, V, dan VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif.  Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan khususnya untuk guru IPA dapat meningkatkan kualitas pembelajaran IPA. Sebaiknya guru menambah pengetahuan mengenai Model Experieltial Learning dan kreatifitas dalam mengajar dapat ditingkatkan lagi. Sehingga dapat memikat daya tarik siswa dalam belajar dan siswa merasa senang mengikuti pembelajaran serta tujuan pembelajaran IPA akan tercapai.

References

Albi Anggito, dkk. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.
Amani, M. 2014. Penerapan model experiential learning dalam peningkatan pembelajaran IPA siswa kelas VI SD Negeri 1 Kedaleman Wetan (Karya Tulis Ilmiah Skripsi).
Cahyani, I. 2012. Pembelajaran Menulis Berbasis Karakter dengan Model Experiential Learning. Bandung: Kencana.

Dewey, J. 2004. Experience And Education :pendidikan berbasis pengalaman, Terj. Haniah. Jakarta: Teraju.
Ghofur.dkk, H. M. 2020. Pedoman Penulisan Skripsi STsAI Bani Saleh. Bekasi: STAI Bani Saleh.
Haryanti, A. 2019. Penggunaan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Tema Panas Dan Perpindahannya di Kelas V SDN 3 Waluyo (Karya Tulis Ilmiah Skripsi).
Jabar, S. A. 2004. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Majid, A. 2012. Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Muchith, M. S. 2008. Pembelajaran Kontekstual. Semarang: Rasail Media Group.
Nasution. 1995. Dikdaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Ngalimun. 2015. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nuraini, D. 2013. Peningkatan motivasi belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada pembelajaran IPA kelas V SD Negeri Tambakrejo (Karya Tulis Ilmiah Skripsi . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Nusi, S. F. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman (Experiential Learning) Di Kelas V SDN 6 Limboto Barat (Karya Tulis Ilmuah Skripsi).
Priansa, D. J. 2017. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: CV Pustaka Setia.
Risnawita, M. N. 2013. Gaya Belajar Kajian Teoretik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Samatowa, U. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media .
Silberman, M. 2007. Handbook Experiential Learning. terj. M. Khozim.
Song Lin, X. H. 2011. Advances In Computer Science, Environment, Ecoinformatics, And Education. Wuhan, China: International Conference, CSEE.
Sujarweni, W. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT Pustaka Baru.
Sulistyowati, A. W. 2017. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Suprijono, A. 2013. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wedyawati, Y. L. 2019. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Yogyakarta: CV. Budi Utama.
Wijaya, U. H. 2020. Analisis Data Kualitatif (Vol. ). Sulawesi Selatan: Sekolah Tinggi Theologia Jaffary.
Yayuk, C. A. 2017. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan Sifat-Sifatnya Siswa Kelas 5 SD (Karya Tulis Ilmiah Skripsi).
i. Vol. 2. No. 2.
Published
2022-09-02
How to Cite
Andriyansyah, A., & Ningsih, P. N. (2022). PENERAPAN MODEL EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 4(2), 71-78. https://doi.org/10.54125/elbanar.v4i2.89