PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK

  • Misran Nuryanto Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
  • Elsan Rachmania Martya Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Bani Saleh Bekasi
Keywords: Analisis, Penggunaan Media Audio Visual, Pembelajaran Akidah Akhlak

Abstract

Media pembelajaran audio visual merupakan media yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran dengan cara mengembangkan imajinasi siswa melalui pengamatan. Metode ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perencanaan, peoses pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak, menganalisis dan mendeskripsikan hasil evaluasi, kendala yang di hadapi guru, dan solusi yang dilakukan oleh guru saat dihadapkan dengan kendala ketika menggunakan media audio visual pada pembelajaran Akidah Akhlak di MI Plus Roudhotul Muhibbin Bekasi yang beralamat di Jalan Bosih Raya no 48 Kampung Selang Nangka, Wanasari, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru – guru Akidah Akhlak kelas I, II, III, IV, dan V di MI Roudhotul Muhibbin Bekasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh data mengenai penggunaan media auido visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak.Dari hasil wawancara dan dokumentasi dapat diketahui bahwa guru telah menerapkan penggunaan media audio visual pada mata pelajaran Akidah Akhlak terhadap siswa kelas I, II, III, IV, dan V. Dengan penerapan media audio visual ini dapat membantu guru dalam penyampaian materi-materi mata pelajaran Akidah Akhlak, dapat mengembangkan imajinasi siswa. Hambatan dalah penggunaan media audio visual ini adalah pembuatan video yang memerlukan waktu yang cukup lama. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan khususnya untuk guru – guru Akidah Akhlak dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Akidah Akhlak. Sebaiknya guru menambah pengetahuan mengenai penggunaan media audio visual dan kreatifitas dalam mengajar dapat ditingkatkan lagi. Jika guru sudah menciptakan pembelajaran yang menarik maka siswa akan merasa senang mengikuti pembelajaran.

References

Arsyad, Azhar. 1997. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dahlan, M. R. 2016. Konsep Pembelajaran Aqidah Akhlak. Yogyakarta: CV Budi Utama.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Megajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Harjanto. 2000. Perencanaan, Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Hidayat, Nur. 2015. Akidah Akhlak dan Pembelajarannya. Yogyakarta: Ombak.
Khafifah, Samaratul. 2011. Meningkatkan Pemahaman Materi Akhlak Terpuji Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VI B MIN Kebun Bunga Banjarmasin ( Karya Tulis Skripsi ). Banjarmasin: UIN Antasari Banjarmasin.
Kustandi, Cecep. 2011. Media Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya.
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembalajaran Sebuah Pendekatan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Nabila. 2020. Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Muaro Jambi ( Karya Tulis Skripsi ). Jambi: Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saiffudin Jambi.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia No. 2 Tahun 2008, Tentang Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Isi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT. Fajar Interpratama.
Suhada, Ismail. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Dengan Menggunakan Media Audio Visual Pada Peserta Didik Kelas IV MI Al Muhajirin Panjang Bandar Lampung. ( Karya Tulis Skripsi ). Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Sujarweni, V. Wiratna Sujarweni. 2019. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
Published
2022-09-03
How to Cite
Nuryanto, M., & Rachmania Martya, E. (2022). PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK. El Banar : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 1-8. https://doi.org/10.54125/elbanar.v5i1.93